Webinar: Menuju Standardisasi Penerapan Governansi melalui ISO 37000 – Governance of Organizations

1 Views
Published
Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada bulan September 2021, International Organization for Standardization secara resmi telah menerbitkan ISO 37000:2021 – Governance of Organizations. Terbitnya ISO 37000:2021 membawa angin segar bagi praktisi governansi di Indonesia. Meskipun sejak berdirinya Komite Nasional Kebijakan Governansi (d/h Komite Nasional Kebijakan Corporate Governance) di tahun 1999, sejumlah Pedoman mengenai governansi telah dikeluarkan, namun nyatanya belum ada standar yang dapat dijadikan acuan dalam penerapan governansi.
Bagi dunia usaha, kekhususan industri, ukuran perusahaan, dan kompleksitas perusahaan mengakibatkan sulit dilakukan standardisasi. Terlebih lagi jika berbicara mengenai governansi sektor publik, yang memiliki kategori yang lebih banyak dan cakupan yang sangat luas.
Fakta di lapangan menunjukkan implementasi governansi, khususnya governansi korporat, sangat bervariasi. Meskipun asas yang digunakan sama, yaitu TARIF (Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi, dan Fairness), namun ketiadaan standar menyulitkan praktisi governansi untuk melakukan komparasi dalam menerapkan governansi.
Dengan adanya ISO 37000:2021 – Governance of Organizations yang merupakan standar internasional dalam sistem manajemen governansi, diharapkan penerapan governansi menjadi terstandardisasi sehingga memudahkan komparasi serta pada akhirnya memudahkan proses evaluasi dan asesmen penerapan governansi di organisasi.
Category
Management
Be the first to comment