Management Skill tugas Mata Kuliah Kepemimpinan

3 Views
Published
Are leader Born or Made?

Pemimpin itu dilahirkan atau diciptakan? Para peneliti memperkirakan bahwa 30 persen kepemimpinan diwariskan, sedangkan 70 persen dikembangkan. Pada dasarnya Setiap manusia yang dilahirkan didunia ini dari awal hingga akhir pada dasarnya adalah pemimpin, setidaknya dia adalah seorang pemimpin bagi dirinya sendiri.
Untuk membentuk pemimpin perlu adanya pengalaman, pendidikan dan pelatihan kepemimpinan.

Seorang leader memimpin sebuah organisasi untuk dapat mencapai tujuan organisasi. Seperti saat kita melakukan sebuah perjalanan tentunya ada tujuan dari perjalanan kita, ada persiapan dan manajerial dalam perjalanan kita. Jika kita naik gunung untuk mencapai puncak diperlukannya persiapan yang matang dan manajerial yang baik. Ada yang bertugas menentukan arah, ada porter ada juga yang bagian memasak untuk tim. Tugas tugas itu dijalankan berdasarkan kemampuan masing".


Dalam kepemimpinan manajerial sendiri. Ada keterampilan yang dibutuhkan berdasarkan tingkat manajemennya.
Management Skills adalah pengetahuan dan kemampuan individu seorang manajer untuk memenuhi kebutuhan dalam melaksanakan tugas tertentu dan juga dalam menjalankan fungsi manajemennya.

Menurut Robert L. Katz, seorang Manajer yang sukses wajib memiliki 3 Keterampilan Manajemen Dasar yaitu Keterampilan Konseptual, Keterampilan berhubungan dengan orang lain dan Keterampilan Teknis.

1.Decision-Making Skill
Keterampilan Konseptual (Conceptual Skills)
Keterampilan pengambilan keputusan didasarkan pada kemampuan untuk mengkonseptualisasikan situasi dan memilih alternatif untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang. Ini tentang bagaimana kita bernalar
dan membuatkeputusan. Bicara konseptual merupakan kemampuan manajer untuk melihat keseluruhan organisasi sebagai suatu entitas yang lengkap keterampilan ini lebih signifikan dibutuhkan oleh Manajemen Tingkat Tinggi atau Manajemen Puncak.

Dengan pemahaman-pemahaman tersebut, seorang manajer tingkat tinggi atau Top Management dapat memahami kondisi organisasi secara keseluruhan dan mengambil tindakan yang tepat untuk kesuksesan organisasinya.

2. Keterampilan Berhubungan dengan Orang lain (Humanity Skills)
3. kemampuan manajer untuk berinteraksi secara efektif dengan anggota organisasinya serta membangun pemahaman dan usaha kooperatif dalam tim yang dipimpinnya. dianggap sama pentingnya bagi semua tingkatan manajemen.
3. Keterampilan Teknis (Technical Skills)
4. Kemampuan atau pengetahuan untuk menggunakan teknik tertentu dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan tertentu. Contohnya seperti kemampuan dan pengetahuan untuk merancang produk, memperbaiki mesin.Keterampilan Teknik lebih penting bagi Manajer yang berada di tingkatan Manajemen yang lebih rendah atau pertama namun kurang penting atau tidak wajib untuk dimiliki oleh manajemen tingkat atas.


#manajemenunair #kepemimpinan #spiritunityandpride
Category
Management
Be the first to comment